Nopember 27

PENILAIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INGGRIS

Diposting Oleh operatorsmk | Kategori Pendidikan

PENILAIAN TINDAKAN KELAS

 MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA NARRATIVE TEXT MELALUI JIGSAW TECHNIQUE PADA SISWA KELAS X

SMK AN NAJAH KAYEN

 

Disusun Oleh              : Siti Zuliana Mahesti, S.Pd

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

 

YAYASAN PENDIDIKAN PERGURUAN ISLAM WALISONGO

SMK AN NAJAH KAYEN

TAHUN 2021/2022

 

 

ABSTRAK

Mahesti, Siti Zuliana. 2022. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Narrative Text Melalui Jigsaw Technique Pada Siswa Kelas X SMK An Najah Kayen. Penelitian Tindakan Kelas 2022.

Kata Kunci : Kemampuan pemahaman membaca, Jigsaw Technique

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Jigsaw Technique efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca peserta didik kelas X di SMK An Najah Kayen (Sebuah penelitian di SMK An Najah Kayen - Pati, Tahun Pelajaran

2021/2022).

 

Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Jigsaw Technique efektif meningkatkan kemampuan pemahaman membaca Narrative text pada peserta didik kelas SMK An Najah Kayen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK An Najah Kayen - Pati pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas berisikan 25 peserta. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XB Jurusan Tata Busana. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes yang diadakan setelah pengajaran.

 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kemampuan berbicara peserta didik dapat ditingkatkan melalui Jigsaw Technique. Guru bahasa Inggris disarankan dalam pengajaran pemahaman membaca menerapkan  Jigsaw Technique agar siswa dapat memahami narrative text dengan baik.

 

 untuk penilaian tindakan kelas (PTK) selengkapnya bisa unduh di sini 

      Bookmark and Share