Januari 11

PENILAIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA

Diposting Oleh operatorsmk | Kategori Pendidikan

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VIDEO VISUAL PADA SISWA KELAS X-1 DI SMK AN NAJAH

 

 

 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VIDEO VISUAL PADA SISWA KELAS X-1 DI SMK AN NAJAH

 

ABSTRAKSI

Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini ditulis agar bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan digunakan untuk melakukan penelitian terhadap permasalahan dalam proses pembelajaran di sekolah. Keterbatasan dalam proses pembelajaran mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun sehingga banyak diantara peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Proses penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang sebelumnya melakukan tindakan pada tahap pra siklus, setiap siklusnya meliputi 4 tahap yaitu : 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap observasi, 4) tahap refleksi.

Hipotesis tindakan yang menyatakan “ Penerapan strategi Media Video Visual dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas X SMK An Najah”. Hal ini terbukti dengan motivasi belajar peserta didik dari setiap siklusnya sebelum pembelajaran pra siklus (20%), siklus I meningkat (60%), dan siklus II lebih meningkat (80%).

Oleh karena itu, strategi Media Video Visual merupakan strategi pembelajaran yang efektif meningkatkan motivasi belajara karena mampu merangsang peserta didik untuk berani, aktfi, inovatif, dan melatih untuk tetap focus dalam pembelajaran.

 

      Bookmark and Share