Desember 13
BEST PRACTICE
BEST PRACTICE
Meningkatkan Pemahaman Membaca Report Text
Menggunakan Teknik Main Mapping Berbantuan Analisis Adiksimba
Peserta Didik Kelas XI SMK AN Najah Kayen – Pati
Tahun Pelajaran 2022/2023
Disusun oleh:
LAILA KHASNA NURYA, S.Pd.
NIM. 952022267
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN KATEGORI 2
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA
TAHUN 2022
Lokasi : SMK AN NAJAH Kayen - Pati
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Tanggal : 25 November 2022
A. TUJUAN
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi memahami isi teks report menggunakan model pembelajaran scientific learning dengan teknik main mapping berbantuan analisis adiksimba.
B. SITUASI
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
1) Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah peserta didik kelas 11 belum mampu memahami isi teks report. Hal ini tampak pada kemampuan peserta didik dalam pemahaman terhadap materi isi teks report masih rendah. Adapun penyebab dalam pembelajaran meliputi beberapa hal berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, diantaranya:
- Peserta didik belum aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris.
- Peserta didik kesulitan memahami isi teks report.
- Peserta didik kurang percaya diri untuk menyampaikan hasil karya.
- Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan penerapan model pembelajaran inovatif di kelas dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan analisis beberapa penyebab masalah tersebut, guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara aktif dengan model maupun teknik pembelajaran yang sesuai.
2) Alasan praktik ini penting untuk dibagikan:
Praktik ini penting untuk dibagikan karena beberapa alasan mendasar, diantaranya:
- Memberikan motivasi kepada guru dan peserta didik.
- Sebagai bahan referensi bagi para guru di SMK AN NAJAH Kayen – Pati.
- Sebagai bahan referensi bagi guru yang mengalami permasalahan yang sama.
- Agar dapat meningkatkan profesionalisme guru di instansi masing- masing.
3) Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini :
Saya berperan sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris yang bertanggung jawab dalam hal:
- Memberi motivasi kepada peserta didik.
- Membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran.
- Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.
- Memfasilitasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan menyediakan media pembelajaran yang menarik serta mudah digunakan dan dipahami oleh peserta didik.
- Mempersiapkan dengan baik RPP, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian dan materi pembelajaran. Persiapan yang baik akan mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disajikan sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan tujuan pembelajaran tercapai sesuai harapan guru.
C. TANTANGAN
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
1) Tantangan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini:
- Persiapan teknis pembelajaran seperti alat/bahan dan media dalam proses pembelajaran.
- Memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakristik peserta didik.
- Peserta didik tidak terbiasa dengan model pembelajaran yang mengharuskan mereka untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.
2) Yang terlibat dalam kegiatan ini:
- Kepala SMK An Najah Kayen – Pati, Bapak Mohamad Aniq Hariri, S.H., M.Pd. yang telah memberikan izin untuk pelaksanaan praktik pembelajaran serta memberikan izin untuk menggunakan fasilitas sekolah yang dibutuhkan saat pelaksanaan praktik pembelajaran.
- Semua rekan guru di SMK An Najah Kayen – Pati yang telah memberikan dukungan moril.
- Peserta didik kelas 11-B yang berjumlah 30 siswa.
- Moh. Nur Ikhsan yang telah membantu proses perekaman video pembelajaran.
D. AKSI
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan:
Aksi yang saya lakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang isi dari teks report yaitu dengan menggunakan model pembelajaran scientific learning, media audio visual, media canva power point presentation, teknik main mapping berbantuan analisis adiksimba (5W1H question words) dan metode kunjung karya.
Penerapannya adalah sebagai berikut:
Dengan menggabungkan beberapa solusi yang relevan diharapkan dapat mengatasi masalah dalam pembelajaran. Langkah – langkah penerapannya yaitu:
1) Mengamati/observation
Guru membagi peserta didik menjadi 7 kelompok dan memberikan arahan tentang aturan dan cara mengerjakan LKPD.
Guru merangsang peserta didik untuk mengamati dan berpikir kritis dengan menampilkan power point yang berisi gambar dan video tentang teks report. Guru juga memberikan pertanyaan pemantik. Pertanyaan pemantik bertujuan agar peserta didik tertarik untuk menjawab pertanyaan.
2) Menanya/questioning
Guru meminta peserta didik untuk menanya/membuat pertanyaan dari gambar dan video yang telah diamati.
3) Menalar/associating
Peserta didik menyebutkan sosial function dan generic structure dari report text dan menuliskannya ke dalam LKPD.
4) Experiment/exploration
Guru mengarahkan peserta didik memahami petunjuk dan perintah yang terdapat pada LKPD, setelah itu membimbing setiap kelompok dalam mengerjakan LKPD yaitu membaca teks report yang telah diberikan kemudian membuat main mapping dengan teknik adiksimba dan menjawab soal yang telah diberikan.
5) Mengkomunikasikan/networking
Guru membimbing peserta didik mengembangkan dan membuat laporan hasil karya. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk melakukan kunjung karya untuk memaparkan hasil karyanya di depan kelas.
6) Evaluation
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengevaluasi atau memberi tanggapan terkait hasil pekerjaan kelompok lain kemudian guru mengevaluasi dan membahas hasil pekerjaan masing – masing kelompok.
Setelah itu guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan dan kesimpulan berdasarkan hasil diskusi kelompok.
Aksi dan langkah – langkah untuk mengatasi tantangan tersebut dapat dilihat pada link berikut:
https://drive.google.com/file/d/1On3H9zYtTX2Xvau4TsqJvsUz36IKDZHa/view?usp=share_link
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
1) Refleksi hasil dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan:
Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scientific learning, media audio visual, media canva power point presentation, teknik main mapping berbantuan analisis adiksimba (5W1H question words) dan metode kunjung karya efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isi dari teks report.Hal ini ditunjukkan dengan perubahan sikap peserta didik yang sebelumnya pasif, kurang bersemangat, enggan bertanya, dan kurang percaya diri saat proses pembelajaran menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam pembelajaran. Peserta didik juga lebih aktif bekerjasama dan berdiskusi dengan teman dalam kelompoknya, melatih peserta didik berpikir kritis serta percaya diri untuk dapat menampilkan hasil diskusi di depan kelas dengan melakukan kunjung karya.
Selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model dan teknik pembelajaran tersebut, respon dari lingkungan sekitar yaitu dari siswa dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:
- Dari peserta didik
Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran tersebut karena mereka dapat terlibat langsung dalam diskusi kelompok, pembelajaran menjadi lebih aktif dan tidak membosankan dengan dukungan dari media yang digunakan oleh guru. Berdasarkan hasil survey kepada peserta didik diperoleh hasil bahwa 90 % peserta didik sangat tertarik dan sangat setuju serta 10 % peserta didik tertarik dan setuju dengan pembelajaran menggunakan teknik main mapping dan
- Dari teman sejawat
Guru secara keseluruhan sudah dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta didik yang dapat terlibat aktif saat kerja kelompok. Kegiatan pada saat pembelajaran menarik karena menggunakan LCD proyektor, media canva power point presentation, gambar, video pembelajaran dan kertas karton.
2) Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan:
Faktor keberhasilan dari penerapan solusi ini yaitu adanya persiapan yang cukup dalam merancang pembelajaran, membuat RPP, media, bahan ajar, LKPD serta kisi-kisi instrumen dan rubrik penilaian sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar. Kemudian adanya dukungan dari kepala sekolah dan rekan guru dalam memotivasi serta tersedianya sarana dan prasana yang mendukung pembelajaran. Selain itu terdapat dukungan dari dosen dan guru pamong dalam membimbing penyusunan perangkat serta praktik pembelajaran. Peserta didik pun antusias dalam pembelajaran karena penggunaan model scientific learning, media PPT canva, media audio visual, teknik main mapping berbantuan analisis adiksimba yang masih jarang diterapkan, sehingga membuat peserta didik menjadi lebih tertarik saat model, media dan teknik tersebut digunakan dalam pembelajaran.
Hal baik yang didapatkan dari pembelajaran ini adalah peserta didik mendapatkan haknya untuk mendapatkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, guru juga berlatih dan terus belajar merancang pembelajaran inovatif dan berbasis TPACK dalam pembelajaran sehingga motivasi peserta didik meningkat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
